Tugas
4 Pengantar Bisnis
Pasar
dan Manajemen Pemasaran
Pasar adalah mekanisme
pertukaran barang dan jasa tertentu antara penjual dan pembeli. Pemasaran
merupakan proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga promosi,
serta distribusi atas gagasan, barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran
yang mampu memenuhi sasaran perseorangan dan organisasi. Dalam pelaksanaannya,
pemasaran harus dilakukan atas dasar manajemen pemasaran. Menurut konsep
pemasaran, bisnis bermula dari pelanggan. Produsen barang atau jasa akan mulai
dengan menetapkan apa yang pelanggan inginkan dan kemudian menyediakannya.
Manajemen pemasaran
perusahaan bertanggung jawab atas perencanaan dan peleksanaan seluruh kegiatan
bauran pemasaran yang menghasilkan perpindahan barang atau jasa kepada konsumennya.
Puncak dari kegiatan ini adalah rencana pemasaran. Rencana pemasaran ialah
strategi yang rinci dan terfokus untuk mengarahkan bauran pemasaran agar dapat
memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Dalam merencanakan dan melakukan
strategi, para manajer pemasaran mengembangkan empat komponen dasar dari bauran
pemasaran. Bauran pemasaran terdiri dari gungan strategi produk, penetapan
harga, promosi, dan distribusi yang digunakan untuk memasarkan produk.
Kompenen-komponen penting dalam bauran pemasaran adalah produk, penetapan
harga, penempatan, dan promosi.
Deferensiasi produk
merupakan salah satu strategi pemasaran. Hal ini dilakukan untuk menciptakan
produk yang cukup berbeda dibandingkan
produk-produk persaingan dalam rangka menarik konsumen. Penetapan harga
terdiri atas distribusi, promosi, iklan, penjualan langsung, promosi penjualan,
dan hubungan masyarakat. Setiap individu memiliki selera, minat, tujuan, gaya
hidup yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, tenaga pemasaran harus berusaha
menentukan target pasar untuk setiap produk atau jasa yg mereka jual. Target
pasar merupakan kelompok orang-orang yang memiliki keinginan dan kebutuhan yang
serupa. Ini merupakan langkah awal dari strategi pemasaran.
Daftar Pustaka:
Griffin, Ricky W.,
& Ronald, J. Ebert. (2007). Bisnis. Jakarta: Penerbit Erlangga.
0 comments:
Post a Comment