TUGAS 4 PENGANTAR BISNIS: PASAR DAN MANAJEMEN PEMASARAN

Tugas 4 Pengantar Bisnis
Pasar dan Manajemen Pemasaran
Pasar adalah mekanisme pertukaran barang dan jasa tertentu antara penjual dan pembeli. Pemasaran merupakan proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga promosi, serta distribusi atas gagasan, barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang mampu memenuhi sasaran perseorangan dan organisasi. Dalam pelaksanaannya, pemasaran harus dilakukan atas dasar manajemen pemasaran. Menurut konsep pemasaran, bisnis bermula dari pelanggan. Produsen barang atau jasa akan mulai dengan menetapkan apa yang pelanggan inginkan dan kemudian menyediakannya.
Manajemen pemasaran perusahaan bertanggung jawab atas perencanaan dan peleksanaan seluruh kegiatan bauran pemasaran yang menghasilkan perpindahan barang atau jasa kepada konsumennya. Puncak dari kegiatan ini adalah rencana pemasaran. Rencana pemasaran ialah strategi yang rinci dan terfokus untuk mengarahkan bauran pemasaran agar dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Dalam merencanakan dan melakukan strategi, para manajer pemasaran mengembangkan empat komponen dasar dari bauran pemasaran. Bauran pemasaran terdiri dari gungan strategi produk, penetapan harga, promosi, dan distribusi yang digunakan untuk memasarkan produk. Kompenen-komponen penting dalam bauran pemasaran adalah produk, penetapan harga, penempatan, dan promosi.
Deferensiasi produk merupakan salah satu strategi pemasaran. Hal ini dilakukan untuk menciptakan produk yang cukup berbeda dibandingkan  produk-produk persaingan dalam rangka menarik konsumen. Penetapan harga terdiri atas distribusi, promosi, iklan, penjualan langsung, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat. Setiap individu memiliki selera, minat, tujuan, gaya hidup yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, tenaga pemasaran harus berusaha menentukan target pasar untuk setiap produk atau jasa yg mereka jual. Target pasar merupakan kelompok orang-orang yang memiliki keinginan dan kebutuhan yang serupa. Ini merupakan langkah awal dari strategi pemasaran.



Daftar Pustaka:

Griffin, Ricky W.,  & Ronald, J. Ebert.  (2007). Bisnis. Jakarta: Penerbit Erlangga. 

0 comments:

Post a Comment